Partai Golkar dan PAN melabuhkan dukungan kepada Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Akankah nama koalisi pendukung Prabowo yang pertama kali digagas Gerindra dan PKB berubah?

Berdasarkan catatan detikcom, Selasa (14/8/2023), koalisi Gerindra dan PKB untuk mengusung Prabowo Subianto dinamai Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR. Partai Golkar dan PAN kemudian merapat mendukung Prabowo.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono kemudian mengirimkan tangkapan layar yang berisi tulisan ‘Gerakan Kekaryaan Harapan Bangsa’. Warna tulisan tersebut putih, kuning, harapan, dan hijau.

Di dalam tangkapan layar itu ada gambar Prabowo Subianto, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas.

“Ya tunggu aja,” kata Dave.

Dave mengizinkan foto itu digunakan. Tak hanya itu, Dave mengaku akan membuat relawan yang mendukung Prabowo. Namun, belum diketahui persis ‘Gerakan Kekaryaan Harapan Bangsa’ apakah akan menjadi nama resmi koalisi Prabowo.

“Gue akan segera buat barisan relawan Prabowo,” ujarnya.

Partai Golkar dan PAN diketahui sebelumnya berkoalisi dengan PPP, koalisi awal mereka Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. PPP merapat ke PDIP, usai PDIP mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres.

Ditinggal PPP, Golkar dan PAN mendeklarasikan dukungan ke Prabowo Subianto hari ini. PPP menyebut hari ini pula Koalisi Indonesia Bersatu yang sebelumnya diisi tiga partai bubar.

“Dengan adanya dukungan resmi PAN dan Partai Golkar ke Pak Prabowo hari ini, otomatis hari ini pula lah ‘peresmian’ bubarnya KIB alias goodbye KIB,” kata Ketua Majelis Pertimbangan Partai PPP Romahurmuziy (Rommy) dikonfirmasi, Minggu (13/8).

Rommy menyebut dari awal ia sudah menyampaikan potensi KIB bubar lantaran PPP sudah memberikan dukungan ke Ganjar Pranowo. Anggota KIB, Golkar dan PAN pun kini resmi memberikan dukungan yang berbeda dari pilihan PPP.

“Dari awal saya sampaikan bahwa KIB auto-bubar manakala partai-partai anggotanya semua sudah menyatakan dukungan resmi yang berbeda kepada capres tertentu,” ujar Rommy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *